Senin, 26 Desember 2011

MENGAPA HARUS BELAJAR JURNALISTIK


          Mengapa harus belajar Jurnalistik? Awalnya saya berfikir bahwa tidak perlu belajar jurnalistik karena menjadi jurnalis bukanlah salah satu dari keinginan saya. Namun ada sebuah ungkapan yang membuat saya berfikir ulang. Menjadi jurnalis tidak harus berprofesi dalam dunia pemberitaan! Ungkapan di bawah ini cukup menarik untuk direnungkan, yakni: 1. Ada hal yang saya tahu tapi orang lain tidak tahu, 2. Ada hal yang saya dan orang lain sama-sama tahu, 3. Ada hal saya tidak tahu, tetapi orang lain tahu, dan 4 ada hal yang saya dan orang lain tidak tahu. Dalam kaca-mata saya adalah, bahwa penting untuk menyampaikan tentang informasi yang kita ketahui kepada orang lain agar orang lain bisa mengetahui juga. Dan kebutuhan kita untuk mengerti informasi juga harus dipenuhi. Selanjutnya informasi menjadi barang “abstrak” yang penting dalam sirkulasi pemenuhan kebutuhan manusia, karena sekali lagi, manusia sebagai ciptaan tuhan dilengkapi dengan Kuriositas (baca: rasa ingin untuk mengetahui). Dalam arti yang lebih sederhana, sebenarnya kita telah melibatkan banyak aktivitas mencari, mengelolah, membuat, dan menyampaikan informasi. Belajar Jurnalistik dalam perkuliahan saya maknai bukan hanya untuk memnuhi sks, namun dengan penuh kesadaran bahwa jurnalistik sangat membantu saya dalam memperbaiki kemampuan saya dalam berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar